14 Januari 2010

Memaafkan Adalah Sebuah Terapi

Suatu ketika anak saya sakit, panas badannya sampai 38 derajat. Sudah minum obat tapi ga juga turun, kalau pun turun hanya sebentar trus panas lagi.
Saya bertanya pada anak saya yang baru berusia 5 tahun itu kenapa kamu sakit nak ?
lalu anak saya menjawab sambil meneteskan air mata dan dengan suara yang secekukan '' hu..hu...hu...ama ummi ''
" Emangnya kenapa ummi ..''
'' ayyash diomelin ama ummi, dipaksa keluar tapi ayyash ga mau hu..hu..hu'' tangisannya makin kencang tampaknya kejadian itu menguncang dirinya.
Akhirnya saya suruh umminya tuk mengurut seluruh badannya dan dalam proses mengurut saya minta dia untuk minta maaf atas perbuatanya yang membuat dirinya jadi sakit. ( ternyata anak kecil bisa sakit hati juga ya ..)
eh...setelah setengah jam kemudian anak kami kembali ceria bermain bersama teman temannya tanpa minum obat TUH.
AHA, begitu besar dampak psikologis terhadap kondisi fisik seseorang...
Memaafkan...merupakan terapi efektif untuk menjadi anda sehat.
Memaafkan...membuat hati anda menjadi plong.
Memaafkan...membuat anda merasa bahagia, berat memang tapi...
So..
Maafkanlah diri anda sendiri....
Maafkanlah orang yang pernah menyakiti anda...

Tidak ada komentar: